Elizabeth Bishop: Lelo Ledung bagi Seekor Kucing

Elizabeth Bishop
Lelo Ledung bagi Seekor Kucing

Minnow, tidur dan bermimpilah,
Pejamkan bundar besar matamu;
Di lingkar katilmu telah dipersiapkan
kejutan yang menenteramkan

Enyahkan cemberutmu itu,
Patuhlah, Minnow sayang,
Tak akan ada seekor pun kucing yang mati
ditenggelamkan di Negara Marxis.

Kegembiraan dan Cinta keduanya milikmu,
Minnow, jadi jangan kau murung.
Hari bahagia akan segera datang –
Tidur, dan hari itu datang sendiri…

 

Diterjemahkan oleh Arco Transept 


 

elizabeth-bishop-brazilElizabeth Bishop (8 Februari 1911 – 6 Oktober 1979) adalah seorang penyair dan penulis cerita pendek berkebangsaan Amerika Serikat.

Bishop terlahir sebagai anak tunggal di Worcester, Massachusetts. Setelah ayahnya meninggal saat dia berusia delapan bulan, ibunya menderita sakit mental dan dirawat di rumah sakit jiwa pada tahun 1916. Bishop kemudian tinggal bersama kakek-neneknya. Ibu Bishop tetap di rumah sakit jiwa sampai kematiannya pada tahun 1934, dan keduanya tidak pernah bertemu kembali.

Gaya penulisan Bishop sangat dipengaruhi oleh penyair Marianne Moore. Mereka diperkenalkan oleh seorang pustakawan di Vassar pada tahun 1934. Moore membantu Bishop mempublikasikan beberapa puisi pertamanya dalam sebuah antologi berjudul Trial Balance, yang didirikan Moore untuk memperkenalkan karya para penyair muda yang belum dikenal.

Selama karir kepenulisannya, Bishop pernah menjabat sebagai Konsultan Puisi untuk Perpustakaan Kongres (1949-1950). Beberapa penghargaan yang diterimanya antara lain menjadi pemenang Hadiah Pulitzer untuk Puisi pada tahun 1956, pemenang National Book Award pada tahun 1970, dan penerima Penghargaan Internasional Neustadt Kesusastraan pada tahun 1976. – Sam Haidy

Iklan