Ezra Pound: Kucing yang Jinak

Ezra Pound
Kucing yang Jinak

Memang, aku senang berkisar di antara wanita molek, tapi
Mengapa selalu berdusta tentang hal-hal yang itu-itu juga?

Baik, aku katakan lagi:
Aku senang berbincang dengan wanita molek, memang,
Meskipun kami tak bicara apa-apa kecuali omong kosong,

Tapi suara nafas dari sinyal yang tak tampak mata itu
Terlalu menggoda dan aku senang mendengarkannya.

 

Diterjemahkan oleh Astrajingga Asmasubrata


 

poundEzra Weston Loomis Pound (30 Oktober 1885 – 1 November 1972) adalah seorang penyair dan kritikus berkebangsaan Amerika Serikat. Pound lahir di Hailey, Idaho, 30 Oktober 1885. Ia menyelesaikan dua tahun kuliah di University of Pennsylvania dan memperoleh gelar sarjana sastra dari Hamilton College pada tahun 1905.

Setelah mengajar di Wabash College selama dua tahun, Pound melakukan perjalanan ke luar negeri antara lain ke Spanyol, Italia, dan London. Ia kemudian menjadi tertarik pada puisi Jepang dan Cina. Pound umumnya dianggap sebagai penyair yang paling bertanggung jawab dalam mendefinisikan dan mempromosikan estetika modern dalam puisi.

Kontribusinya yang signifikan untuk puisi dimulai dengan diproklamirkannya imajisme, sebuah gerakan dalam puisi yang tekniknya berasal dari puisi Cina dan Jepang klasik. Pada tahun 1924, Pound pindah ke Italia. Selama periode tersebut, Pound menjadi terlibat dalam politik Fasis dan tidak kembali ke Amerika Serikat sampai 1945, ketika ia ditangkap atas tuduhan pengkhianatan untuk penyiaran propaganda Fasisme melalui radio ke Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Pada tahun 1946, Pound dibebaskan, tapi dinyatakan menderita sakit mental kemudian dirawat di Rumah Sakit St Elizabeth di Washington DC. Pada tahun 1958, Pound kembali ke Italia dan menetap di Venice, di mana ia meninggal dunia pada 1 November 1972. – Sam Haidy.

Iklan